Photobucket Ad here !!



Photobucket Copy diblog panjenengan, matur nuwun

Hasil belajar dari Blog Mas Rahman, Nuwun
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Product ...

Services ...

free hit counters
Bloomingdales Coupon

Visitors since Feb/26/2007
Other things Banner Pertama




www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Griya Batik Nugraha Laweyan. Make your own badge here.

Other things ...







Vision

Kampung Laweyan Membuka Diri Sumber : Republika.co...

Solo dalam Gambar

Belajar menyulam : Klik dibawah inihttp://jemarik...
















Downloads
Technology News
Templates
Web Hosting
Articles
Games
Blogger
Google



www.flickr.com

Blogger

FinalSense

Amazon

Yahoo

Ebay

<$BlogDateHeaderDate$>
Batik, Sang Primadona

Berbagai teknik dan detail bertaburan di atas kain itu.


Batik. Kain warisan masa lalu agaknya tidak akan hilang tergerus zaman. Lewat tangan dingin para perancang, berbagai modifikasi dan desain terbaru hadir mewarnai keindahan batik.



Pun pada Fashion Tendance 2007 kali ini. Motif batik mendominasi padu padan rancangan busana Muslim. ''Kita akan menonjolkan batik ke pentas mode sebagai budaya asli Indonesia. Karena batik juga sangat beragam sehingga perancang bisa lebih leluasa untuk mengombinasinya menjadi busana yang apik dan elegan,'' papar Anne Rufaidah, ketua panitia Fashion Tendance 2007. Di tangan para perancang, motif batik tersebut dipadu dengan berbagai jenis bahan di antaranya chiffon silk, sutra, dan polyester.

Padu padan yang disuguhkan juga sarat dengan teknik cutting yang sangat variatif. Hasilnya, kesan unik untuk masing-masing rancangan yang dihasilkan. Detail rancangan kebanyakan memakai teknik bordir dan korsase yang merata di seluruh bagian rancangan. Belum lagi kain sulaman dengan benang wol yang menambah kesan feminin tiap rancangan.

Tren warna yang akan muncul juga sangat bervariasi. Sebagian besar perancang menggunakan paduan warna dasar seperti biru, hijau, merah, dan kuning. Namun, warna-warna pastel juga masih terlihat seperti merah muda, hijau, biru, dan ungu. Teknik gelembung pada bagian lengan, bagian bawah pakaian atas, dan bawahan celana atau rok pun masih tampak. ''Bentuk gelembung tersebut mudah diadaptasi untuk busana Muslim karena sesuai dengan pakemnya yang tidak memperlihatkan siluet tubuh,'' papar Anne Rufaidah.

Untuk tahun 2007, sejumlah perancang terlihat sengaja lebih fokus pada rancangan pakaian wanita yang menimbulkan kesan glamor untuk malam hari. ''Kami memang ingin membuat kombinasi batik sebagai kekayaan budaya bangsa dengan jenis kain lain dan mengangkatnya menjadi busana yang layak untuk dikenakan pada acara resmi seperti gala dinner,'' papar Anne.

Uniknya, ada pula yang dengan berani melakukan tabrakan-tabrakan warna dasar sehingga menimbulkan kesan mencolok. Yessi Riscowati, pemilik label Ranti, melihat ada kesan erotis dan kembali alam di sana. ''Keanekaragaman warna yang ada di alam sangat sesuai dan mudah diadaptasi dengan tema batik yang sedang kita angkat saat ini,'' papar Yessi. Inilah kekuatan batik.fia
( )


0 Comments:

Post a Comment

<< Home